[Artikel] 231011
"'Ledakan hasrat yang ditahan'••• Ada alasan mengapa toko pop-up NewJeans menjadi populer"
11 Oktober 2023
Toko pop-up di Korea Selatan
Apa persamaan toko pop-up yang sukses akhir-akhir ini?

Baru-baru ini, toko pop-up muncul sebagai persamaan keberhasilan yang penting untuk pemasaran merek. Sebelum COVID-19, toko pop-up hanya merupakan toko ritel luring sementara, namun maknanya meluas menjadi "tempat pop" yang memberikan pengalaman merek kepada generasi muda pasca pandemi. Pasalnya, semakin banyak pelanggan yang menginginkan konsumsi luring karena keinginan mereka untuk beraktivitas tatap muka yang sempat tertahan selama masa pembatasan sosial, semakin membludak.
Menurut Laporan Analisis Tren Toko Pop-up 2023 yang diterbitkan oleh perusahaan analisis data besar berbasis kecerdasan buatan RSN pada tanggal 11, volume pencarian toko pop-up di Naver dan SNS (sosial media) telah neningkat tajam sejak April tahun lalu ketika peraturan jarak sosial dilonggarkan. Pada bulan Mei, volume pencarian mencapai titik tertinggi. Berdasarkan kelompok umur, mereka yang berusia 20-an dan 30-an memiliki volume pencarian tertinggi.

Artinya, permintaan konsumen akan "pengalaman" meningkat sejak berakhirnya pandemi. Toko pop-up berubah menjadi area bermain, dengan orang-orang yang berusia 20-an dan 30-an memilih toko pop-up sebagai tempat kencan akhir pekan atau jalan-jalan bersama teman.

Seorang pejabat RSN mengatakan, "Tujuan utama dari toko pop-up bukanlah untuk menjual produk, namun untuk memberikan pengalaman," menambahkan, "Berbagai perusahaan menggunakannya sebagai strategi transformasi citra untuk menunjukkan jiwa muda kepada generasi 2030 dan sebagai sarana yang berbeda untuk memberikan kesegaran."
Dalam laporan tersebut, jenis toko pop-up yang dibuka dalam 1-2 tahun terakhir sebagian besar dibagi menjadi enam. △ Fandom △ Edisi terbatas △ Menonton pameran △ tur pop-up △ pengalaman merek.
Toko pop-up yang menjadi representatif berdasarkan fandom adalah toko pop-up idola NewJeans. Toko pop-up NewJeans yang diadakan di The Hyundai Seoul untuk memperingati debut NewJeans sukses besar dengan rata-rata lebih dari 17.000 orang per hari selama 20 hari. Karakter popular Janmangrufi juga menjalankan toko pop-up di berbagai saluran distribusi, termasuk The Hyundai Seoul dan Jamsil Lotte Mall.

Diesel X Wonsoju Spirit Edition di Hannam-dong san Slam Dunk Pop-up Store di Hyundai Seoul menarik pengunjung dengan penjualan produk edisi terbatas. Kelangkaan segera menjadi topik hangat.

Dalam kasus Simmons, sebuah perusahaan khusus tempat tidur, mereka mengoperasikan toko kelontong di Cheongdam-dong untuk menargetkan pelanggan potensial yang berusia 10-an dan 20-an. Ini adalah strategi yang mengharapkan efek yang membekas dengan memungkinkan Simmons merasakan mereka tersebut sejak dini.

Seorang pejabat RSN mengatakan, "Baru-baru ini, toko pop-up dengan ruang pameran yang unik yang bermitra dengan merek lain seperti karakter, cafe, dan toko roti memiliki lebih banyak informasi dari mulut ke mulut dibandingkan toko pop-up dengan satu merek," menambahkan, "Jika Anda berkolaborasi dengan merek yang memiliki basis penggemar, efek penjualannya juga besar karena pelanggan setia merek tersebut."
Sumber: Korean Economy