상세 컨텐츠

본문 제목

[Artikel] 250503

카테고리 없음

by jeanstanniesnews 2024. 5. 3. 20:32

본문

"Min Heejin meminta 'hak eksklusif untuk mengakhiri kontrak NewJeans' awal tahun ini"




Telah dilaporkan bahwa Min Heejin, CEO ADOR, anak perusahaan yang berkonflik dengan HYBE mengenai hak manajemen, dilaporkan menuntut "kewenangan untuk mengakhiri kontra eksklusif NewJeans" oleh CEO sendiri tanpa melalui rapat dewan ADOR awal tahun ini.

Menurut industri terkait pada tanggal 2, firma hukum Min mengirimkan revisi kontrak antara pemegang saham HYBE pada bulan februari tahun ini. Waktunya adalah setelah kedua belah pihak terlibat dalam tarik-menarik pada akhir tahun lalu mengenai 'opsi put back yang berlipat ganda sebanyak 30 kali' dan 'menerapkan opsi put back tambahan sebesar 5% saham'.

Kabarnya HYBE menolak tawaran tersebut karena menganggapnya tidak masuk akal.



Dari sudut pandang agensi musik, hak kontrak eksklusif penyanyi dapat dilihat sebagai aset utama yang diperlukan untuk operasional perusahaan. Oleh karena itu, biasanya perusahaan hiburan besar memerlukan kontrak eksklusif melalui persetujuan dewan direksi.

BTS dan Blackpink juga mengumumkan kesimpulan kontrak tersebut dengan mengatakan, "Kami telah menyelesaikan keputusan dewan direksi untuk menandatangani kontrak untuk kontrak eksklusif" atau "Kami telah menyelesaikan keputusan dewan direksi jika terjadi penandatanganan kontrak eksklusif grup."

Jika permintaan CEO Min diterima, NewJeans akan dapat menandatangani kontrak eksklusif atas kemauan CEO Min tanpa melalui keterlibatan dewan direksi atau HYBE. Berdasarkan kontrak pemegang saham saat ini, dilaporkan bahwa mereka memerlukan persetujuan dari dewan direksi seperti halnya perusahaan hiburan lain yang memiliki kontrak eksklusif untuk artis.



Saat ini, dewan direksi ADOR terdiri dari tiga anggota, dan Min sendiri serta rekan dekatnya, wakil CEO Shin dan Direktur Kim, yang semuanya memiliki hak suara, sehingga CEO Min memegang kendali.

Namun dengan struktur saat ini, jika pergerakan tersebut terdeteksi, HYBE yang memiliki 80% saham ADOR dapat mengadakan rapat pemegang saham luar biasa untuk mengganti anggota dewan ADOR guna mencegah penyanyi tersebut hengkang. Jika Min mendapatkan hak untuk mengakhiri kontrak eksklusifnya, HYBE tidak akan memiliki cara untuk mencegah penyanyinya (NewJeans) pergi.



HYBE diketahui menduga permintaan Min tersebut sejalan dengan transkrip "ADOR menjadi cangkang kosong" yang dirilis pada hasil sementara audit tanggal 25 bulan lalu.

Berdasarkan hasil audit sementara pada saat itu, Tuan A, rekan dekat CEO Min, menyarankan langkah-langkah seperti "keluar dari pelaksanaan jual pada 2 Januari 2025 → ADOR menjadi cangkang kosong → mencari investor keuangan → rekomendasi untuk menjual ADOR ke HYBE dengan harga terjangkau → CEO Min menyarankan untuk mengakuisisi saham ADOR dengan uang dari CEO ADOR + uang tunai."

Namun, pihak perwakilan Min mengklaim bahwa rencana ini 'berada di tingkat Saddam'. Pada konferensi pers pada tanggal 25 bulan lalu, CEO Min mengatakan, "Saya tidak tertarik untuk mengeksploitasi hak pengelolaan. Saya benar-benar tidak tahu (tentang pemanfaat hak pengelolaan)," klaimnya. Ia juga menyebutkan, "Mempertimbangkan NewJeans, tentu saja kami harus melakukannya bersama-sama (dengan anggota NewJeans)."


Sumber: kmib