상세 컨텐츠

본문 제목

Spesial wawancara Billboard bersama NewJeans

카테고리 없음

by jeanstanniesnews 2024. 2. 29. 01:43

본문

NEWJEANS MENJELASKAN KESUKSESAN MEREKA YANG 'NYATA' MEREKA YANG MENGHANCURKAN EKSPEKTASI BAGI WANITA DI K-POP

Billboard's Women in Music tahun ini membantu memimpin era baru dalam genre ini (dengan sedikit bantuan dari CEO wanita mereka yang visioner)

 

 

 

 

Saat kelima anggota NewJeans berbaris anggun menuruni tangga di pemotretan mereka untuk Billboard di Seoul, mereka menyambut saya dengan senyuman cerah dan sapaan tulus, "Senang bertemu denganmu." Hanya beberapa hari sebelumnya, girl group K-pop yang sedang booming ini memenangkan "Best Artist Of The Year" di Melon Music Awards dan MAMA Awards, dua penghargaan musik paling bergengsi di Korea Selatan — dan hanya dalam waktu dua hari, sekitar 10 penghargaan. Pertunjukan yang mereka akhiri dan tampil di negara tersebut pada bulan Desember dan awal Januari lalu. Meskipun jadwal musim penghargaan pada musim dingin di sana sangat padat, mereka tetap memancarkan kehangatan dan antusiasme.

 

Energi yang menular tersebut telah membuat para wanita di NewJeans — Minji, Hanni, Danielle, Haerin dan Hyein, yang berusia di antara 16 hingga 19 tahun — dicintai oleh para penggemar baik di Korea Selatan maupun seluruh dunia. Sejak debut pada Juli 2022, NewJeans dengan cepat naik ke puncak jajaran K-pop. Enam dari delapan single yang dirilis telah mencapai No. 1 dan No. 2 di ukuran streaming dominan di Korea Selatan, Circle Digital Chart. Grup ini juga telah membuat terobosan di beberapa tangga lagu Billboard, termasuk tiga lagu berada di Global 200, dan empat di Global (Excl. the U.S.), lima entri di Billboard Hot 100 dan enam peringat 10 teratas di Global Digital Song Sales (pencapaian tertinggi adalah "Super Shy," yang memuncaki No. 2 Juli lalu). Lagu-lagu dari grup ini telah memperoleh 931,6 juta streaming resmi di AS, menurut Luminate.

 

Dalam perjalanannya, NewJeans telah menghancurkan ekspektasi di dunia K-pop, membantu memimpin era baru bagi pengaruh perempuan dalam genre yang telah lama didominasi oleh grup pria. Meskipun sudah menjadi kebijaksanaan industri bahwa hanya boy band yang dapat membangun fandom inti dan kesuksesan komersial yang luas (menjual album dan tiket konser), NewJeans adalah bagian dari generasi girl group yang telah melakukan keduanya, mengubah paradigma tentang apa yang dimaksud dengan pencapaian untuk grup/kelompok remaja putri. Dan NewJeans telah melakukannya di bawah bimbingan seorang pemimpin yang sama inovatifnya: Ini adalah grup pertama yang debut di bawah ADOR (All Doors One Room), yang dipimpin oleh pendiri dan CEO Min Heejin, wanita langka yang memimpin label K-pop dan perusahaan manajemen.

 

Sekitar satu dekade yang lalu — ketika penulis ini mulai bekerja di K-pop sebagai produser — kedengarannya sangat berbeda. Label rekaman yang menekankan melodi, rentang vokal yang dinamis, dan aransemen lagu yang kohesif, sedangkan penampilan tarian hanya dianggap sebagai pendukung dari sebuah lagu. Seiring berjalannya waktu, musik cenderung mengarah pada lagu-lagu yang bombastis yang sesuai dengan koreografinya, dan lagu-lagu yang disebut "easy listening" (yang disukai oleh masyarakat umum Korea Selatan, yang akhir-akhir ini bukan merupakan audiens inti K-pop) cenderung hilang. Namun NewJeans telah membuktikan bahwa performa yang kuat serta musik yang enak didengar tidak harus berdiri sendiri-sendiri. Dan seperti yang disampaikan langsung oleh Women In Music Group Of The Year Billboard di Seoul, aksi ini baru saja dimulai.

 

 

 

Danielle

 

 

Haerin

 

 

Bagaimana rasanya memenangkan "Best Artist Of The Year" dan "Best Song Of The Year" di Melon Music Awards dan MAMA Awards?

 

Hanni: Sungguh luar biasa bisa memenangkan penghargaan sebesar itu. Sejujurnya, bagi kami, jika menyangkut acara penghargaan seperti ini, kami sangat senang bisa hadir di sana. Diundang saja sudah merupakan suatu kehormatan. Kami tidak pernah berharap [untuk menang]. Kami benar-benar berterima kasih kepada semua orang yang telah bekerja keras terhadap konten dan musik kami dan semua orang yang sangat menikmatinya, jadi menurut saya ini membuatnya [terasa] lebih menyenangkan.

 

Danielle: Saya setuju dengan Hanni. Ada begitu banyak orang yang mengerahkan begitu banyak upaya dan kerja keras dalam apa yang kami lakukan, dan kami merasa sangat tersanjung karena begitu banyak orang yang menikmatinya sama seperti kami menikmatinya. Berbagi kebahagiaan dan energi positif melalui musik kami merupakan suatu kehormatan tersendiri.

 

 

Kalian memiliki diskografi yang kecil tetapi begitu banyak lagu besar seperti "Ditto," yang memenangkan Best Song Of The Year di penghargaan Melon dan MAMA. Siapa yang kalian harapkan menjadi sebesar mereka?

 

Danielle: Saat CEO kami memiliki lagu baru dan beliau bersiap untuk membuat album baru, beliau mengajak kami semua untuk [datang] ke studionya dan kami mendengarkan semua lagu bersama-sama. Saya ingat saat pertama kali kami mendengar lagu untuk album kami Get Up, kami terpesona. Kami benar-benar seperti, "Inilah kami! Ini benar-benar NewJeans." Saat pertama kali saya mendengarkan "Ditto," saya merasakan ada koneksi ke lagu itu — saya kira saya merasa jika orang-orang mendengarkannya, saya ingin mereka merasakan bahwa orang-orang di luar sana menerima sedikit energi positif, sungguh menakjubkan. Setiap kali kami merilis musik baru, kami bertanya-tanya apakah orang-orang di sana mendengarkan lagu-lagu kami, membuat kami tersenyum lebar.

 

Hanni

 

Dari kiri: Minji, Danielle, Haerin, Hanni dan Hyein dari NewJeans difoto pada tanggal 4 Desember 2023 di Seongbuk Songjae di Seoul.

 

 

Secara tradisional, industri K-pop dijalankan oleh pria, dan ADOR didirikan oleh seorang wanita. Bagaimana rasanya pelatihan di bawah bimbingan seorang CEO yang memiliki perspektif yang sama?

 

Danielle: Saya tidak bisa membayangkan apa jadinya jika bukan karena CEO kami, Min Heejin. Kami sangat dekat dengannya, dan kami merasakan hubungan yang kuat dengannya. Setelah berbincang dengannya, kami terinspirasi dan belajar banyak. Ketika kami pergi ke luar negeri dan sebagainya, dia akan mengajak kami berbelanja dan kami makan malam bersama, dan kami menghabiskan waktu berjam-jam untuk tertawa dan berbincang tentang apa yang terjadi dan bagaimana keadaan kami sambil bercerita.

 

Hyein: Beliau sangat konsisten. Beliau selalu menanyakan tentang kami dan mengkhawatirkan kami. Beliau sangat ramah dan [selalu] menghubungi kami terlebih dahulu, yang membuat kami merasa sangat nyaman berada di dekatnya. Beliau bukan hanya seorang CEO yang hebat tetapi juga manusia yang hebat secara umum.

 

Secara historis, fandom inti lebih sulit dicapai oleh perempuan di K-pop. Namun dalam beberapa tahun terakhir hal tersebut telah berubah total, dan NewJeans berada di garis terdepan dalam hal tersebut. Menurut kalian, bagaimana kalian bisa menangkapnya?

 

Minji: Ini mungkin ada hubungannya dengan fakta bahwa pasar K-pop menjadi jauh lebih besar. Itulah salah satu alasan mengapa kami memulainya dengan [memperoleh] begitu banyak perhatian dan cinta dari masyarakat umum. Kami tidak pernah benar-benar menetapkan [tujuan] tertentu, melainkan bertujuan untuk menampilkan penampilan yang kami sukai dengan lagu-lagu yang kami sukai. Saya pikir ini mungkin membantu penggemar kami mencintai kami sejak awal.

 

Haerin:Saya setuju dengan Minji. Saya pikir itu juga karena ada begitu banyak saluran yang bisa kami gunakan untuk berkomunikasi dengan penggemar dan publik.

 

 

 

 

 

 

Saya rasa NewJeans telah mengubah suara musik di K-pop, dengan kecenderungan kembali ke musik yang easy listeningApakah kalian setuju?

 

Danielle: Musik itu sendiri selalu berubah-ubah. Namun sebelum kami debut, CEO kami memberitahu kami bahwa beliau ingin melakukan sesuatu yang baru, sesuatu yang segar dan berbeda. Namun dengan itu, beliau menginginkannya, tidak peduli siapa Anda, berapa pun usianya atau [apa pun] jenis kelaminnya, Anda dapat mendengarkannya dan menikmatinya. Jadi menurut saya, muncullah musik yang easy listening tersebut. Kami tidak berpikir, "Oh, kami akan mengubah musik. Itu gila." (semuanya tertawa) Kami hanya ingin mencoba sesuatu yang baru dan menyenangkan.

 

 

Kalian telah mencapai banyak hal dalam waktu singkat. Ke mana kalian ingin pergi setelah ini?

 

Haerin: Saya ingin lagu kami dapat menggerakkan [banyak] orang. Tujuan saya tidak hanya memiliki lagu yang emosional tetapi juga berbagi emosi dengan orang-orang di atas panggung melalui musik kami.

 

Minji: Saya juga punya pemikiran yang serupa dengan Haerin, tapi saya ingin musik kami dikenang untuk waktu yang lama. Misalnya, saya ingin orang-orang memikirkan/membayangkan musim dingin dan kemudian mereka mendengarkan "Ditto."

 

Danielle: Selain bermusik dan tampil, saya hanya ingin menjadi seseorang yang tetap setia pada diri saya sendiri dan selalu berpikiran terbukan serta rendah hati, dan berusaha sangat keras karena ada begitu banyak hal yang ingin saya lakukan dan begitu banyak tempat yang saya inginkan untuk dikunjungi. Saya ingin mengalami banyak pengalaman dan belajar banyak [hal] serta menikmati waktu bersama para anggota [NewJeans].